PESONA GUNUNG ANDONG VIA BASECAMP GOGIK

20 April 2019. Tepatnya 1 hari sebum hari Kartini 21 April. Umm apa hubunganya ya ? Hehe
Ini cerita ku melakukan pendakian Gunung Andong Via Gogik. Bersama sahabat-sahabat yang aku sebut Holigan Team.
Kita berangkat mulai pukul 6 (maghrib). Awalnya rencana kita berangkat habis ashar agar pas summit tidak terlalu malam. Tapi rencana tinggalah rencana. Banyak orang dengan berbagai kesibukan. Yah... akhirnya kita saling menunggu.
Kita berangkat ber sebelas. Aku (sebut saja penulis), Kak Endang, Ilham, Diftra, Taufik, Nisa, Ade, Amir, Erna, Rian, dan Ruri.
Kita berangkat dengan motor.
Perjalanan kita dipimpin oleh Diftra pembuka jalan.
Kurang lebih 4 jam kita sampai dibasecamp via Gogik. Pukul 10 malam kita beristirahat di basecamp sambil isi amunisi (makan, minum, tidur dll) Suasana disana masih ramai para pendaki. Pas kita mau berangkat ternyata pengelola basecamp meminta kita untuk istirahat 2-3 jam. Karena ada 1 kelompok pendaki yang berangkat sore dan terpeleset (hilang).
Setelah menunggu. Kita diperbolehkan mendaki pukul 1.30 dini hari. Sebelum berangkat kita berkumpul seperti biasa di parkiran. Berdoa memohon keselamatan. Ada pesan juga dari pengelola ketika melihat pertigaan dan pohon besar. Jangan lupa ucapkan salam. Agar senantiasa kita diberi petunjuk jalan ketika kita bingung.
Gerbang pertama kita disuguhkan Pondok Pesantren yang besar tetapi suasana nya sedikit mistis (mungkin perasaanku saja). Karena cuaca dingin dan kurangnya pemanasan. Kak Endang sedikit pusing dan kita istirahat di Pos I.
Kita lanjut sampai Pos II. Suasana saat itu memang dingin dan nafas kita sesak karena summit dimalam hari. Perjalanan yang seharusnya 1-2 jam menjadi 3 jam karena kita harus tetap bareng-bareng berhenti istirahat ketika ada yang tidak kuat.

Pukul 4 subuh sampailah kita dipuncak. Mendirikan tenda sejenak yang lain istirahat. Aku, Diftra dan Amir menyalakan kompor dan memasak air untuk membuat kopi dan mie rebus sebagai penghangat tubuh. Tak lama langit hitam mulai memudar menjadi jingga.
Kami pun membangunkan teman-teman karena waktu tak kan terulang moment golden sunrise.
Kami membuat vlog, video untuk cinematic dan foto2 bersama maupun selfie. Hingga akhirnya kita melupakan sejenak masalah-masalah yang ada.
Pukul 8 kita mulai membereskan tenda dan membersihkan sampah-sampah.

Sampai di basecamp lagi kita beristirahat sejenak, mandi, dll.
Jam 10 kita mulai perjalanan pulang.
Ini lah cerita ku dan holigan team.
Semuanya akan jadi cerita anak cucu kami.
Jadi kenangan yang tak terlupakan.
Jika kelak tulisan ini dibaca anak cucu kami, agar mereka tau kami pernah bersama. Di sini. Gunung Andong via Gogik 20-21 April 2019.