Puncak Suroloyo Kulon Progo : Wisata Alam Perbukitan Tertinggi di Bukit Menoreh

Puncak Suroloyo


Sebelumnya aku pernah cerita trip pertama ku dengan Holigan Team.
Yah karena memang tujuan kita "dolan" (red: main) bareng , kita planning lagi buat trip ke dua kita dan lebih matang dari trip pertama.
Tujuan kita adalah wisata alam yang berada di Kabuaten Kulon progo, Yogyakarta.
List pertama puncak suroloyo. Puncak Suroloyo adalah puncak tertinggi di Perbukitan Menoreh, Yogyakarta. Perbukitan yang memiliki ketinggian kurang lebih 2000 mdpl yang membentang sepanjang Yogyakarta dan Jawa Tengah, wih.. bisa dibayangin kalau pas beruntung suasana cerah bisa dapat view bagus dan luas. Kerennya dari puncak Suroloyo, kita bisa melihat Yogyakarta daru atas awan dan melihat langsung keindahan candi Borobudur yang berada di Kabupaten Magelang, Jawa Tengah. Di Puncak Suroloyo terdapat tiga buah gardu pandang yang umumnya dulu disebut pertapaan dan masing-masing mempunyai nama Suroloyo, Sariloyo dan Kaendran. Dibalik itu menyimpan sebuah cerita legenda seorang Raden Mas Rangsang yang kemudian hari bergelar Sultan Agung Hanyokrokusumo yang bertapa mencari wangsit.
Dari sejarah singkatnya aja bikin penasaran kaya apa sih tempatnya. Jika mau ke sana ada dua pilihan jalur karena kita dari Yogyakarta. Pertama rute Jalan Godean (JaGo) - Sentolo - Kalibawang, rute kedua lewat Jalan Magelang - Pasar Muntilan - Kalibawang. Untuk mencapai puncak harus melewati perjalanan yang naik turun dengan kelokan tajam, tenang... bisa kok dilewati mobil tapi harus hati-hati karena lebar jalan tidak lebih dari 3 meter. Kalau pakai motor gaskeuuun.. Sesampainya di Suroloyo kita di suguhkan patung khas yaitu Punokawan di tempat parkir.

Patung khas selamat datang Suroloyo

Eits.. jangan senang dulu, kita juga harus melewati sebanyak 290 anak tangga (latihan fisik dulu gaes), gak perlu terburu-buru dinikmati setiap pijakan anak tangganya nanti lama-lama sampai hehe.
Kali ini Holigan Team tambah anggota makin ramai ala-ala touring gitulah, karena melihat kondisi track disana lebih aman pakai motor. Yup kita ber empat belas dengan semangat menaiki anak tangga, singkat cerita ada yang baru beberapa sudah ngosh-ngoshan (aku juga kok).
Sampai di puncaknya karena kita terlalu siang alhasil hanya pemandangan cerah karena panas tanpa view gunung-gunung dan Candi Borobudur. Disarankan untuk pagi-pagi atau sore (kalau cuaca bagus)





Tempat kedua yang masih satu jalur adalah Wisata Kebun teh Nglinggo, gak jauh dari Suroloyo
Gardu Pandang Wisala Alam Nglinggo

Karena sudah hampir sore, kita memutuskan untuk ke basecamp isi amunisi alias lapaarrr,, hehe
Yup, di sana suasananya kaya keluarga banget, bakar-bakar, ngobrol-ngobrol, ketawa bareng, makan bareng-bareng ala nasi liwet.





 Terakhir adalah ayunan langit watu jaran, saking senengnya ngobrol-ngobrol tiba-tiba jam 5 sore, akhirnya singkat saja karena sudah mulai gelap.


Ayunan Langit Watu Jaran, Kulon progo




Waktu juga yang memisahkan kita.
Thanks Holigan Team

Jangan lupa like and subscribe channel kita ya ...

Comments

  1. numpang promote ya min ^^
    Bosan tidak tahu mau mengerjakan apa pada saat santai, ayo segera uji keberuntungan kalian
    hanya di D*E*W*A*P*K
    dengan hanya minimal deposit 10.000 kalian bisa memenangkan uang jutaan rupiah
    dapatkan juga bonus rollingan 0.3% dan refferal 10% :)

    ReplyDelete

Post a Comment