Desa Wisata Klayar : Wisata di Kecamatan Nglipar, Gunung kidul

DESA WISATA KLAYAR
WISATA ALAM PERPADUAN SUNGAI, HUTAN, DAN TAMAN



Gunung kidul, siapa sih yang tidak mengenal tempat ini ?
Yap, salah satu kabupaten di kota Yogyakarta yang menjadi alternatif berwisata, mulai dengan pantai yang bisa dibilang banyak, Air terjun yang terkenal seperti Sri Gethuk, Wisata Gunung Api Purba Nglanggeran, Embung, bahkan wisata kulinernya walang goreng, thiwul, gatot yang terbuat dari ketela dan masih banyak lagi.
Nah kali ini ada Desa wisata Klayar yang berada di Padukuhan Klayar, Kelurahan Kedung Poh, Kecamatan Nglipar, Kabupaten Gunung kidul yang bisa jadi alternatif bagi kalian yang mungkin "bosan" dengan wisata pantai.

Desa wisata ini termasuk belum banyak dikenal karena masih termasuk baru. Nama resmi yang diakui oleh pengelola adalah kampong wisata klayar. Kampong wisata ini di kelola oleh pok darwis widyatama.  


Gerbang masuk Desa Wisata Klayar

Apa aja sih fasilitas di sana ?

Daya tarik dari Kampong Wisata Klayar adalah pemandangan perbukitan hutan kayu putih, bendungan kedung lumbu, serta aliran sungai oya. Biasanya kedung lumbu dijadikan tempat untuk memancing, untuk aliran sungai oya sendiri disediakan fasilitas rafting dengan perahu karet dan bisa menampung 4-5 orang. Ada pula perahu kayu (kano). Menurut aku pribadi lebih seru pakai perahu kano. Adapula yang perahu besar yang bisa menampung 5-8 orang. Jika belum terbiasa mengayuh, ada petugas yang akan mendampingi, tapi aku coba pengalaman pertama ku juga mengayuh kano disungai, jadi tanpa petugas, tapi tetap pakai alat pelampung dan harus kompak saat mengayuh, kadang karena ada keseruan tersendiri saat kita salah mengayuh perahu harusnya belok kanan malah belok kiri atau muter. hehe

Wisata Klayar dengan perahu kano

Tenang, jika datang pas aliran sungai tidak begitu deras atau musim kemarau, bisa dipastikan aman. 

Selain itu, ada juga gazebo sebagai tempat istirahat berasama keluarga, sahabat bisa juga buat berduaan sama pacar bagi yang punya pacar hehe. 

Gazebo di tepian aliran sungai oya Kampong Wisata Klayar

Tak ketinggalan spot foto buat instagramer.


Spot foto Desa Wisata Klayar


Spot foto Desa Wisata Klayar

Spot foto desa wisata klayar

Spot foto desa wisata klayar

Narsis dikit boleh lah buat sharing hehe.
Tempatnya juga cocok buat ngecamp, atau acara makrab gitu.
Oh ya, soal biaya masuk jangan khawatir, gak akan nguras dompet daripada ke mall. Dengan tempat yang menurutku bagus.
Biaya masuk per orang 10 ribu (mungkin bisa berubah). Tapi ini sudah termasuk naik perahu kano bebas mengayuh sejauh 300 meter atau sepuasnya deh sampai capek. Untuk perahu bermesin sendiri dikenakan biaya tambahan 5 ribu.

Bagaimana dengan rute ?

Desa wisata klayar nglipar ini bisa dijangkau dengan mudah. Jika kamu berangkat dari kota Jogja, berikut ini rute yang bias di tempuh : 
Jogja - Jalan Wonosari - Piyungan - Bukit Bintang Patuk - Sambipitu - Lanud TNI AU Gading - Bundaran Siyono ke kiri Arah Piyaman - Ring Road Utara - Perempatan Bangjo Budegan lurus - Perempatan Grogol ke kiri arah Goa Pindul - Kawasan Wisata Goa Pindul -SDN 3 Gelaran - Perempatan ke kiri arah Sokoliman - Sokoliman - Perbukitan Hutan Kayu Putih - Sekretariat Kampung Wisata Klayar.

Atau bisa searching di google maps. Jaman saiki lho.... oposih



Sebenarnya tempat ini bagus, akan tetapi jika musim hujan harus waspada karena aliran sungai oya sering banjir, jika cerah dan debit airnya tidak terlalu deras tempat wisata ini bisa jadi alternatif.

Jangan lupa piknik .... :)

Comments

  1. Terakhir kesana airnya meluap pas makrab. untung gak banjir.
    nice artikel

    ReplyDelete
  2. numpang promote ya min ^^
    Bosan tidak tahu mau mengerjakan apa pada saat santai, ayo segera uji keberuntungan kalian
    hanya di D*E*W*A*P*K
    dengan hanya minimal deposit 10.000 kalian bisa memenangkan uang jutaan rupiah
    dapatkan juga bonus rollingan 0.3% dan refferal 10% :)

    ReplyDelete

Post a Comment