SKETSA KU

Hai Guys... Entah kenapa, di umur mulai remaja aku baru sadar bahwa semenjak dari Taman Kanak-kanak, hal/ kegiatan yang paling aku suka adalah menggambar, kalau mewarnai ? Aku gak begitu suka, entah kenapa.. Mungkin karena spidol menurutku terlalu kecil dan lama jika harus mewarnai blok setiap objek, dan juga jaman dulu itu kertas gambar masih tipis2.. Jadi nembus ke halaman kertas berikutnya. Kalau pewarna yang seperti berbahan kapur tp lunak itu terlalu besar untuk blok objek yang kecil, selalu keluar dari garis, tp lumayan bagus jika warna 1 di padukan warna lain, akan muncul warna baru.. Misalnya warna putih sama hitam = abu2. Nah itulah rumus para pelukis..
Aku gak hafal campuran warna, karena kalau pengen tahu, cat air tidak menyediakan warna lengkap, untuk warna2 terang/ gelap, atau merah tua/ biru muda misalnya.. Itu di dapat dari teknik pencampuran warna.
Terlepas dari itu.. Hey.. Jaman dulu aku juga pernah mainan cat air, waktu SD.. (ngambilin sisa2 yang udah kering punya om ku hehe).. Ya menarik coba2.. Tp habis itu udah gak begitu minat. Karena mungkin faktor suka atau faktor gak ada yg ngajarin hehe..
Nah, kalau menggambar dengan pensil malah dari TK juga.. Aku masih ingat gambar yang sering aku buat yaitu gunung 2, jalan berbelok dan sawah di pinggirnya.. Kenapa selalu begitu ya ?
Entahlah.. Tp waktu di TK suka juga meniru / menjiplak gambar2 sampul buku. Jadi, entah itu buku tulis buka gambar selalu ada coretan2 gambar gak jelas.. Tanpa sadar itu lah bakatku
semasa TK ada guruku yang masih sampai sekarang jd guru (2013) mengingatkan ku dulu sering suruh maju menggambar ''kucing nengok'' haha kenapa kok nengok ? Karena posisi kepala menghadap kita (front) dan badan menyamping (right or left).. Karena di setiap buku ku ada gambar kucing itu.. Mungkin guru TK ku udah tahu bakat ku di situ. Di SD gak begitu terasah, gak ada yang menunjang untuk itu, aku ada 1 kelas teman yang pintar gambar, apapun itu, dan bagus untuk seusia itu. Aku iri sih. Mulai kelas 5 dan 6 SD aku baru mulai bisa menggambar beberapa objek walau masih meniru gak dalam imajinasi sendiri tp bentuk dan garis2 mulai rapi.
Di satu season ada tugas menggambar dengan tema ''cita2 mu''. Aku menggambar seseorang sedang di depan kanvas melukis pemandangan, berharap ya jd pelukis gitu.
Dan juga aku dalam belajar kelompok aku lah yang paling lemah dlm mata pelajaran (terutama matematika hadeh), tp dlm hal menggambar aku lah jagonya. contohnya setiap pelajaran IPS menggambar peta ukuran besar pun aku yg di andalkan teman2 kelompok belajarku.


Masuk SMP berbeda lagi.. Ada 1 teman SD ku dan teman SMP ku 1 kelas , jadi ada 2 orang yg bisa gambar dengan bagus. Aku iri lagi. Tp itu membuatku gak diam. Dalam hal prestasi akademik gak begitu jelek sih. Ada satu sesi dimana ada lomba/ pelajaran mid mapping. Nah ada beberapa orang teman ku yg percaya dgn ku untuk membuat/ menggambar, hasilnya semenjak itu aku menang beberapa kali lomba dengan gambaran2ku. Senang.
Sempat bercita2 jadi design / sekolah di seni tapi ya akhirnya gak terealisasi sampai sekarang. Hehe (tetep ketawa)

SMA ?? Aku gak 1 kelas lg sama 2 teman ku yg jago gambar itu, tp ada 1 teman baru di SMA ku yang jago bahsa inggris jago gambar pula.. Lebih ke arah karikatur gitu.. Aku memujinya gambar2nya bagus. Aku fokus belajar, sangat sedikit pelajaran/ kegiatan2 yg menyinggung gambar menggambar. Ya sudah sampai akhirnya lulus SMA aku mulai suka dengan kartun2 di TV, (naruto, one piece, sponge bob, Popeye,dll.)
Aku coba menggambarnya di kertas HVS, dan hasilnya lumayan, banyak anak2 tetangga ku suruh gambarin itu, tokoh kartun di TV, dan beberapa hasilnya aku tempel di kamar, sekarang masih nempel sih tp warnanya mulai pudar. Dulu belum mengenal pensil2. Cuma 2 B menurutku paling hitam hehe
sekarang jamannya apa2 browsing gitu loh, aku juga belajar dr browsing, cari2 artikel/ cara/ atau gambar2 yang bisa aku tiru untuk bahan belajarku. (karena aku gak pernah sekolah gambar)
Jadi aku belajar secara otodidak, awalnya ya susah, jelek, gak mirip,kadang mirip tp gak pakai banget, mulailah terangsang (ciee bahasanya) maksudku tertarik untuk membuat gambar yang mendekati realis(nyata). Seperti wajah manusia. Awalnya sulit juga, masih belum mirip, tp namanya berusaha, sebanyak/ setinggi apapun kita sekolah seni, kalau tidak di praktikan percuma, yang penting mood, imajinasi, logika yang terakhir skill. Skill setinggi apapun, gak ada ide, dan gak mood perucma. Mati gaya ! Haha
Aku mulai beli pensil dari HB, sampai 8B ya walau gak lengkap2 juga, terus pensil mekanik (penting) untuk gambar objek yang butuh detail yang kecil. Biasanya untuk mata sih. Yang ukurannya 0,5 mm. Kecil kan ?
Dan sampai sekarang aku masih mencoba dan mencoba membuat karya2 ku entah yang berobjek foto atau yang ada di imajinasiku. nah beberapa hasilnya bisa di liat di blog ini.
yang sulit itu adalah membuat sketsa pensil yang realis(nyata), tapi hidup.. Dengan efek 3D/ gradasi pensil/ penghapusan.
Inti dari cerita ku, aku gak bisa jadi gak begitu suka main cat air jd aku gak begitu tertarik dalam hal lukis warna, indah sih main warna, sangat nyata dan kaya akan warna2 nayat, rumput hijau, langit biru, air biru muda, tanah coklat. Tapi menurutku keindahan akan segala warna itu di tuangkan dalam 2 warna (hitam dan putih) bayangkan 2 warna itu mewakilkan semua warna2. pencil sketch its so simple color (only black and white) but so hard to play simple. Bukankah itu seni yang mengagumkan ? Apalagi kalau bisa membuatnya realis dan terlihat hidup. Seolah memberi nyawa pada sketsa itu. Mengalahkan segala warna2 indah. Mengagumkan bukan ? Aku akan terus berlatih, mencoba, sampai aku tua nanti.. Dan mungkin aku akan mencoba teknik2 baru agar menambah skill ku dan juga memperbaiki kelemahan2 ku.
Sketsa pensil itu sederhana, tapi mengagumkan buatku.

Sekian :)

Comments